Tech Kenali Tanda Laptop Butuh Instal Ulang

laptop

Mcondotel , Penggunaan laptop, saat ini bukan saja sebagai media membuka internet di layar yang lebih besar ketimbang HP. Banyak pekerjaan bisa diselesaikan dengan menggunakan perangkat ini. Tapi, ketika performanya menurun sepertinya perlu dilakukan instal ulang.

Ada beberapa kondisi laptop, yang memberikan sinyal bahwa kondisinya sedang tidak baik. Jika tak kunjung instal ulang, maka bisa-bisa banyak dokumen yang hilang dan tidak bisa ditemukan lagi.

4 Tanda Laptop Perlu Instal Ulang

Empat tanda berikut ini, mungkin sudah sering dialami pengguna laptop. Hanya saja mereka sering mengabaikannya.

  • Restart Otomatis

Ketika tiba-tiba laptop melakukan restart secara otomatis, tandanya ada sistem yang tidak berjalan lancar. Sehingga mengakibatkan proses restart dilakukan otomatis, untuk mencoba mengembalikan sistem ke kondisi semula.

Hal ini bisa saja terjadi, saat sedang menjalankan beberapa program bersamaan. Bisa juga ketika bermain game online dan membuka program dengan ukuran besar.

  • Mati Sendiri

Jika laptop mati sendiri saat sedang dipakai, juga bisa menjadi indikasi bahwa instal ulang perlu dilakukan.

Alasannya, mati tanpa penyebab adalah bentuk dari upaya operation system laptop yang gagal melakukan beberapa tugas terkait aktivitas yang sedang dilakukan pengguna.

  • Loading Lebih Lama Dari Biasa

Loading yang tidak normal, disebabkan banyaknya program yang terbuka dan lupa dinonaktifkan. Otomatis ketika sistem bekerja untuk membuka halaman atau program lain, maka akan tersangkut akibat kinerja yang sudah over capacity.

Biasanya, loading lama ini mencapai beberapa menit bahkan hitungan jam. Jika sudah terlalu lama, maka obatnya adalah menghapus program yang tidak dibutuhkan dan instal ulang.

Baca juga : Techno Ternyata Ini Ponsel Cerdas Paling Populer di Bulan September 2021

  • Not Responding

Masalah not responding bisa terjadi karena banyak hal. Seperti sumber daya pada sistem yang tidak mencukupi untuk membuka program baru, akibat pengguna jarang membersihkan folder temp, recycle bin, sehingga RAM menjadi cepat penuh. Makanya, ketika akan membuka program atau aplikasi baru sering muncul notifikasi not responding.

Walaupun terkesan biasa saja, namun dengan beberapa tanda di atas sudah menjadi sinyal bahwa sebuah laptop perlu mendapatkan proses instal ulang. Apalagi, jika sudah diserang virus yang sangat berbahaya maka instal ulang adalah obat palung mujarabnya.

Anda mungkin juga suka...

(1) Komentar

  1. Techno Ternyata Ini Ponsel Cerdas Paling Populer di Bulan September 2021 – Mcondotel

    […] Baca juga : Tech Kenali Tanda Laptop Butuh Instal Ulang […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *